Lima Tahun Bersama PDAM

10 Januari 2016

simadadesktopTak terasa, lima tahun sudah kebersamaan kami bersama PDAM, tepatnya dari 2011. Waktu yang masih terbilang singkat, namun kebersamaan tersebut memberikan pengalaman luar biasa bagi kami.

Kebersamaan tersebut dimulai sejak lima tahun yang lalu, saat sebuah perusahaan seorang rekan dari rekan saya sedang mengerjakan sebuah proyek infrastruktur PDAM di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memberikan informasi kepada kami bahwa, PDAM tersebut sedang membutuhkan sebuah aplikasi untuk pengelolaan rekening air. Oleh rekan saya, informasi tersebut diteruskan kepada saya, dan mengajak saya untuk membangun sebuah sistem aplikasi untuk memenuhi kebutuhan PDAM tersebut.

Awalnya, saya ragu menerima ajakan tersebut karena saya tidak mengerti sama sekali seluk-beluk role business di PDAM.

Beruntung, rekan saya tersebut adalah seorang konsultan PDAM yang cukup berpengalaman dan mengetahui role business di PDAM dan saya sendiri waktu itu adalah seorang web base  programmer biasa-biasa saja.

Berbekal keahlian rekan dan kenekadan saya, mulailah kami membangun sebuah aplikasi web base sederhana menggunakan JS Framework ExtJS (sekarang Sencha), PHP, dan MySQL. Tenggang waktu yang diberikan untuk developing aplikasi itu pun terbilang cukup singkat, tiga bulan saja! Aplikasi tersebut kami beri nama Simada Water Billing. Nama Simada ini yang akhirnya menjadi cikal bakal nama perusahaan kami, CV. Simada Lintas Nusa.

Akhirnya, aplikasi tersebut berhasil kami bangun walaupun masih bisa dibilang cukup sederhana namun sudah dapat dikatakan dapat memenuhi kebutuhan PDAM dalam pengelolaan rekening airnya. Dengan berbagai pertimbangan, aplikasi tersebut akhirnya kami install di server  saya yang ada di Gedung Cyber, Jakarta.

Untuk menghemat biaya akomodasi dan transportasi, saya sendirilah yang harus berangkat ke Kabupaten Natuna, pulau terluar di Indonesia itu, untuk memberikan edukasi mengenai penggunaan aplikasi Simada Water Billing tersebut.

PDAM Tirta Nusa di Kabupaten Natuna itulah pengguna pertama aplikasi kami. Kami senang bisa memberikan usaha terbaik kami dan sedikit banyak telah membantu meningkatkan pendapatan dan efesiensi penerimaan di PDAM.

Perlahan namun pasti, kami terus mengembangkan fitur-fitur yang telah ada. Kami juga telah mengembangkan aplikasi pembacaan meter dan mobile cashier (kasir berjalan) berbasis Android dan kini sudah diaplikasikan di beberapa PDAM.

Di samping itu, untuk  memudahkan pelanggan melakukan pembayaran tunggakan rekening airnya, kami telah menyiapkan webservice pada aplikasi kami agar bisa dipergunakan oleh perusahaan pihak ketiga  seperti  Kantor  Pos & Giro, Bank, dan perusahaan PPOB lainnya. Dengan banyaknya PPOB-PPOB yang tersebar di sekitar pelanggan tentu memudahkan  pelanggan untuk melakukan pembayaran rekening airnya tanpa harus datang ke loket PDAM itu sendiri.

Sampai 2016 ini sudah ada 9 PDAM yang telah menggunakan aplikasi kami yang tersebar di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Anda dari PDAM dan tertarik menggunakan aplikasi kami? Silakan hubungi ke nomor telepon saya di 022-87823610 atau Ari Safari di 022-87885123 atau kunjungi website kami di http://www.simada.co.id.

Tinggalkan Balasan

