Kiamat Benar-benar Sudah Dekat!

18 Oktober 2006

Dari Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas, sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah dari setiap seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata: Semoga akulah orang yang selamat. (HR Muslim).

Berikut ini adalah petikan artikel yang pernah dimuat oleh Kompas pada 24 Agustus 2003 yang mempunyai kedekatan cerita dengan sabda Rasulullah saw., di atas lk. 14 abad yang lalu.

Makna air adalah kehidupan selalu dipahami terlambat: ketika kelangkaan air mengancam, ketika kekeringan menampakkan bentuknya seperti maut yang hendak merampas kehidupan. Situasi itu akan mempengaruhi berbagai hal, khususnya hubungan-hubungan antarmanusia, antarkomunitas, antardaerah, antarwilayah, bahkan antarnegara.

Air adalah kehidupan, juga dalam konteks yang luas. Tidak ada satu negara pun mampu mencapai kestabilan ekonomi dan sosial tanpa jaminan pasokan air bersih dan air tawar. Banyak negara semakin menyadari persoalan air sebagai isu keamanan nasional dan regional. Banyak pemimpin negara mengingatkan, masalah ini amat berpotensi memicu meruncingnya konflik politik, bahkan konflik bersenjata.

Pada tahun 1995, Wakil Presiden Bank Dunia Ismael Serageldin meramalkan bahwa perang masa depan tidak lagi dipicu oleh perebutan emas hitam (minyak), tetapi oleh emas biru (air). Ramalan ini tampaknya tidak meleset. Berita kekurangan air di India, Bolivia, Israel, Kanada, AS, Meksiko, beberapa negara di Afrika, dan AS, telah menjadi berita utama di berbagai media massa di dunia dan diulas secara panjang lebar di jurnal-jurnal ilmiah.

Akan tetapi, konflik antarnegara disebabkan perebutan sumber air sebenarnya sudah lama terjadi. Konflik terbesar muncul antara pengguna air di bagian hulu dan pengguna air di bagian hilir. Negara yang berada di hulu sungai mengklaim hak kedaulatan atas air yang berasal dari teritorial mereka, termasuk hak untuk menggunakan, menyimpan, mengalihkan, dan mencemari.

Sementara negara-negara yang dilalui sungai itu, yang semakin ke hilir, semakin kecil posisi tawarnya, menuntut agar air sungai itu dijaga kealamiannya, supaya kebutuhan akan sumber air bersih tetap bisa dipenuhi. Tidak berlebihan kalau Menteri Luar Negeri Mesir pada tahun 1989, Boutros Boutros- Ghali, yang kemudian menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, menyatakan keamanan nasional Mesir terletak di tangan delapan negara Afrika lainnya yang berada di badan Sungai Nil.

Pasokan air di negeri yang dihuni sekitar 60 juta orang itu sepenuhnya bergantung pada Sungai Nil. Sekitar 85 persen air yang mencapai Mesir berasal dari Etiopia, yang mengalir sebagai Sungai Nil Biru ke Sudan. Sisanya berasal dari sistem Sungai Nil Putih yang hulunya terletak di Danau Victoria di Tanzania. Sungai Nil Biru “bertemu” dengan Sungai Nil Putih di dekat Khartoum, ibu kota Sudan.

Satu-satunya perjanjian dalam hal pembagian air hanya dilakukan Mesir dengan Sudan, tetapi tidak dengan negara-negara lain yang lokasinya lebih di atas. Meskipun Mesir memiliki Bendungan Aswan untuk memenuhi kebutuhan negeri itu akan air, lokasi geografis Mesir yang terletak di bagian paling hilir membuat negeri itu menjadi amat rentan terhadap berbagai kemungkinan. Perebutan air Sungai Nil ini berpotensi memicu ketegangan hubungan Etiopia, Sudan, dan Mesir.

Israel, Jordania, Tepi Barat, Lebanon, dan Suriah saling berbagi air dari badan Sungai Jordan. Sandra Postel dalam Last Oasis: Facing Water Scarcity (1992) menyatakan, Israel akan membutuhkan tambahan pasokan sekitar 300 juta meter kubik atau 15 persen lebih tinggi dari penggunaan air pada tahun 1992 dengan kemungkinan masuknya satu juta Yahudi Soviet setelah bubarnya Uni Soviet.

Almarhum Raja Hussein dari Jordania pernah memperingatkan, satu-satunya isu yang amat mudah menyulut konflik bersenjata Jordania-Israel adalah masalah air. Beberapa pemimpin negara juga memperingatkan, isu air di kawasan yang dicakup oleh tiga lembah sungai besar, yakni Sungai Jordan, Nil, dan Tigris-Euphrat, akan memicu dua kemungkinan yang berpunggungan; antara dorongan kerja sama dan dorongan yang memicu ketegangan di antara negara-negara yang dilewati oleh badan sungai-sungai itu, kalau perjanjian pengelolaan air bersama tidak terselesaikan.

Masalah Palestina tidak akan benar-benar terselesaikan tanpa jaminan keamanan air, sementara Israel-lah yang sepenuhnya memegang kontrol. Sebanyak 25-40 persen pasokan air berkelanjutan dari Israel berasal dari sumber air Yarqon Tanimin yang mengalir di kaki- kaki bukit Tepi Barat, yang diklaim sebagai milik Israel setelah menang perang tahun 1967.

Dataran Tinggi Golan, yang juga diklaim oleh Israel dari Suriah setelah perang tahun 1967 dan dianeksasi pada tahun 1981, merupakan bagian dari wilayah tangkapan air untuk Sungai Galilea. Sungai ini merupakan sumber air terbesar di Israel dan pemasok National Water Carrier, suatu kanal yang sangat besar dengan jaringan pipa modern yang mengalirkan air dari bagian utara ke bagian selatan yang kering di negeri itu. Israel mengonsumsi 82 persen air Tepi Barat, sementara Palestina mengonsumsi 18-20 persen saja.

Kontrol atas Dataran Tinggi Golan juga memberikan kepada Israel hak atas tepi Sungai Yarmuk di bagian paling akhir di lembah itu yang belum dibangun. Israel kemudian memblokir rencana pembangunan bendungan bersama Jordania dan Suriah di Yarmuk untuk meningkatkan pasokan air, karena khawatir bendungan itu akan mengurangi aliran air ke Sungai Jordan sehingga mengancam keamanan air di Israel.

Air juga merupakan isu kunci yang bisa mencairkan perundingan politik antara Israel dan Suriah mengenai perbatasan kedua negara itu, yang di dalamnya tercakup pihak mana yang berhak atas kontrol sumber air di Dataran Tinggi Golan. Israel yang didukung AS menghendaki isu ini ditarik sebagai isu regional, melibatkan Turki.

Namun, Turki tampaknya tak berminat ikut dalam persoalan ini. Pasalnya, sejak 1980-an, hubungan Turki-Suriah mengalami ketegangan luar biasa setelah Turki memutuskan membangun Proyek Anatolia Tenggara (GAP) yang ambisius, dengan pusatnya, pembangunan Bendungan Ataturk di bagian hulu Sungai Euphrat.

Skema Anatolia termasuk pembangunan 25 sistem irigasi, 22 bendungan di jalur Sungai Euphrat, dan 19 pembangkit listrik. Kalau proyek ini dioperasikan secara bersamaan, Irak akan kehilangan 80-90 persen jatah airnya dari Sungai Euphrat.

Vandana Shiva dalam Water Wars: Privatization, Pollution and Profit (2002) mengatakan, proyek pembangunan air di Euphrat telah menjadi penyebab konflik bersenjata antara Turki, Suriah, Irak, dan kaum Kurdi.

Suriah tampaknya berusaha melakukan diplomasi yang cerdas untuk mendapatkan kembali Dataran Tinggi Golan. Bagi Suriah, upaya tersebut bukan sekadar solusi bagi kebutuhan air di dalam negeri, tetapi terutama adalah merebut kembali kendali atas sumber daya strategis ini dari Israel. Hanya dengan itu, Suriah dapat menyeimbangkan kekuatannya atas Israel.

Dalam persoalan itu, tampaknya panduan internasional, seperti Peraturan Helsinki dan Konvensi PBB tentang Hukum Penggunaan Sumber Air Internasional Non-navigasi, tidak selalu dapat menjadi solusi karena, dalam banyak hal, yang dikehendaki negara-negara itu adalah penguasaan, bukan keadilan.

Iklan

38 Responses to “Kiamat Benar-benar Sudah Dekat!”


  1. Assalamualaikum wr.wb

    Dulu aku tidak terlalu ambisius dalam menyikapi perkembangan dunia terutama dengan negara Israel dan Amerika, tapi setelah aku mulai melek aku baru sadar betapa rakus dan dan busuk nya niat besar yang ada dibalik kemegahan dan kehebatannya dimata dunia yang berlumur dosa ini…baginya mungkin umat muslimin dan daerah pemukimannya merupakan valuta yang mampu mendongkak devisa negara mereka yang jelas-jelas udah kaya raya….
    Memang banyak sekali keanehan yang melanda kedua negara ini…dari adanya faham atheisme, Freemasonism, hingga messiah…yang semuanya bisa dikatakan hanya mengajak ke lembah tipuan dan hinaan. Ironisnya, mereka malah mendukung dan menghayati faham ini mati-matian, kedengkian dan kelebihan IQ telah membutakan hati mereka akan Dzat yang maha pengasih, maha penyayang dan maha segala2nya…
    Semoga allah menyadarkan mereka dan kekuasaan akan membuka hati mereka serta melembutkannya, sehingga ajaran mereka yang dulunya bersumber dari ajaran yang haq benar2 dijalankan mereka tanpa pencampuran ajaran seperti saat ini….Aminn …salam pamuda palembang buat keluarganya mas….semoga keluarga mas selalu mendapat ridho dari-Nya….kapan2 mampir ya mas ke blog aku…wassalamualaikum wr.wb

  2. irlan Says:

    Ass.wR.wB.
    saya ragu atas kebenaran yg terjadi di dunia ini. Saya ragu dengan buku yg menceritakan tentang dajjal,sebenernya dajjal itu sudah mati apa belum? soalnya saya baca di bukunya bahwa isinya itu dajjal akan datang pada akhir zaman,tapi kenapa dajjal sudah diceritakan dibuku sedangkan dajjal belum muncul.Saya mo tanya nanti dajjl seperti apa rupanya??

  3. transvormers Says:

    begini mas..saya juga sering baca dajjal dan segitiga bermuda dan dajjal2 yg lain termasuk kiamat..kalo anda tanya kebenaran semua itu..setiap orang pasti akan jawab tidak tahu..ini terlepas dari masalah iman atau apapun gt..logika saja..manusia sedikit yg tahu ttg masa lalu dan 100 tidak tahu masa depan..jadi logikanya seperti apa rupa dajjal, sudah mati atau belum, ya siapa yg bisa jawab..begitu kira2 pendapat saya..thnks

    • ozan Says:

      lha wong suatu alam yg kita lewati aja kita lupa dan ndak tahu.yaitu alam rahim atau kelahiran ,apa
      lagi yang akan datang,itulah kebesaran Tuhan ,sumbernya dari al qur an,

  4. transvormers Says:

    ralat..100% manusia tidak tahu..kalo ada yg bisa ngasi tahu rupa dajjal,,ya anda harus kembali lagi ke hakekat ALLAH mengapa merahasiakan semua itu..mungkin jwban teman2 yg lain nanti bisa memberikan jawaban lebih banyak..yg saya tahu,,UFO dll ada hubungannya sama dajjal..tapi ya kan buku yg bercertia..atau mungkin cari sumbernya di Al-Quran..klo itu sebagai org yg pcy ALLAh,,ya cari saja di Al-Quran..thnks

  5. tandamata Says:

    DAJJAL sudah ber-evolusi mas…. bisa saja dajjal menjelma pemimpin² kita, tetangga sebelah kita…ataupun kita sendiri yg dajjal!

    no offense tapi lebih melihat dajjal kedalam diri kita saya pikir lebih bijaksana..

    salam kenal,


  6. takutnya.saya dari malaysia hi ….

  7. topa Says:

    saya heran sebenarnya dajjal seperti apa? apa benar dia mempunyai banyak wujud??????? bagaimana kita bisa mengenalinya.

  8. A Says:

    Dajjal itu bkn berubah wujud,n dajjal yg diceritakan pada bk adalah penafsiran ayat2 Al-Qur’an n hadits2 oleh para ulama n syaikh dajjal insya Allah akan dtg,tp tenang nanti akan dtg Nabi Isa as dan Imam Mahdi yg akan menghancurkan dajjal

  9. A Says:

    Dajjal itu bkn berubah wujud,n dajjal yg diceritakan pada bk adalah penafsiran ayat2 Al-Qur’an n hadits2 oleh para ulama n syaikh dajjal insya Allah akan dtg,tp tenang nanti akan dtg Nabi Isa as dan Imam Mahdi yg akan membantu menghancurkan dajjal

  10. gambreng Says:

    sessungghnya semua itu kembali kepadaNYA

  11. Yoyo Says:

    untuk IRLAN coba anda masuk ke http://www.kebunhikmah.com
    mungkin penjelasan di sana bisa merubah keraguan anda, banyak dibahas mengenai dajjal dengan penjelasan dari hadist nabi muhammad SAW.
    otak atau ilmu kita tidak mampu membuka tabir keraguan anda. hanya iman & keiklash an kita yang mampu merubahnya.

  12. ucokz Says:

    TO .@irlan Says:

    carilah hadist2 yang memberitakan tentang kemunculan dajjal… karena semakin sering nya dia dibicarakan maka makin lama dia muncul….. dan carilah di dunia ini tentang2 tanda2 yang telah digambarkan Rosulullah dalam hadist2 yang rahasia sifatnya…
    karena semua kejadian2 yang terjadi dibumi pasti ada kaitan dengan apa2 yang mo dimunculkan

    silahkan banyak2 membaca

  13. Eja syarif Says:

    Saya juga mau na

  14. a.if_es Says:

    sebenarnya ndak usahlah qta psing2 mikirn dajjal spt apa rupanya, bentuknya, tandanya, dll. pikir aja diri sendiri agar selalu dalam lindungan-NYA shg qta bs jauh dari dajjal atau bahkan gak dijdin dajjal. kiamat?? jg g usah susah2 mikii..r. tanya kpd diri qta aja ttg bgm hrsnya qta dg kiamat, lha wong ki amat aja msh tnang2 aja kok…. bnyk2 i’tiqaf saudara/i-q. itu bkn urusan qta. dah d atur jauh sblm kakek nenek byut qta lhr. tp drpd drpd….ya lbh baik ya yg baik2 aja. timbang nganggur mkirn yg nggak2, memang lebih baik mkir kiamat biar qta jg slalu inget ma yg KUASA. sing penting nglakoni urip iku kanthi TEMEN LAN JUJUR…. titik

  15. solikhin Says:

    asalamualaikum.sbgai seorang muslim tentunya kita harus yakin jika kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi.

  16. ridho Says:

    semua itu memang benar. tapi hanya ALLAH SWT yang tau.

  17. baby^^ Says:

    he. takut ne gw…
    klow lwh tw, emg bner yah ada hari kiamat??
    tpi gw ttep percaya aja ma Tuhan Yng Maha Esa…
    karna semua yang terjdi di dunia ne, semuanya adalah kuasa Tuhan…
    kita ga boleh menentangnya…
    tpi mudah2an kita smua bsa menjalaninya…
    AMIN…^^
    dan mudah2an aja kita hidup di dunia ne dengan damai, tentram, dan s’lalu bahagia..
    n moga aja Tuhan melindungi kita smua dri smua cobaan n marah bahaya..
    ok??^^
    skarang saatnya kita hidup bahagia…^^

  18. DEDY SETYAWAN Says:

    menurut w ni,,,
    kiamat adalah sebuah peristiwa dimana semua orang alias mahluk ciptaan Tuhan dibinasakan
    semakin tua jaman w makin takut alias ngeri’ banget cz iman w masih sangat2 kurang
    tapi ada yang bilang si “apabila ada iman meskipun sedikit taw sekecil biji jarrah dalam diri kita
    insyaAllah dihari itu kita mendapat perlindungan…….
    eh lo tau g’ sie tentang ramalan kiamat////////////////

    banyak yang bilang tahun ini lah,it lah
    tapi it ngebwt w tambh semgt mncry jlan ke Surga

  19. abu Says:

    Ciri utama dari Dajjal adalah mata buta dan ada tulisan kafir di keningnya, yang mempunyai arti simbolis siapapun yang mempunyai mata hati tetapi buta dan tertutup dari Kebenaran ( AL HAQ )(Kafir = Tertutup X Syakir = Terbuka), maka dia adalah Dajjal ( Pendusta)! Renungkan kedalam diri masing-masing.

  20. Abu Says:

    Masih ada golongan orang-orang yang akan selamat dan tetap hidup ketika bencana Hari Kiamat terjadi. “Dan pada hari ditiup sangkakala, maka paniklah semua yang ada di langit da siapa yang ada dibumi KECUALI SIAPA YANG TIDAK DIKEHENDAKI ALLAH. Mereka (yang tidak panik) datang menghadap -Nya dengan merendahkan diri” (QS An Naml 27 : 87) “Dan ditiuplah Sangkakala, maka matilah siapa saja yang ada dilangit dan dibumi, KECUALI SIAPA YANG TIDAK DIKEHEDAKI ALLAH. Kemudian ditiup sekali lagi, lalu mereka (yang selamat)berdiri menunggu” (QS Az Zumar 39 : 69) Siapakah mereka ? temukan jawabannya di http://www.nurulkhatami.com

  21. kemri Says:

    gak ada itu bung yang ada hanyalah terjadinya pemisahan umat manusia yang percaya kepada tuhan saja sebab tuhan akan menyelamtkan umatnya yang percaya kepadanya..

  22. damar Says:

    subahan alloh aku ngeri
    dengan semua salah dan dosa yang telah aku lakukan di dunia ini
    yaalloh apunilah dosa dosaku baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja jauhkan lah aku dari siksa mu dan masukanlah aku kedalam surgamu bersama orang orang yang kau beri kan rahmat dan hidayah mu amin

  23. damar Says:

    dajal adalah kita sendiri yang tidak mau solat di saat adzan berkumandan tida mau puasa disaat ramadan tiba tida mau mengakui aloh itu ada dan tidak mau mengakui kiamat itu akan ter jadi dan tidak bisa membedakan buruk dan baik dia selalu ingkar dan salah itulah dajal
    maka marikita sama sam bila ada adzan solat lah bila ramadan datang puasalah
    jalan kan perintah dan hindari laranganya lakukan sunah nabi ninsaaloh kita selamat amin
    jujur mas abang om semua yang baca ini wa takut karna iman aku masih setipis sehelai kapas mungkin lebih tipislagi tapi aku yakina awlloh swt itu tuhanku dan islam agamaku dan qur’an itu kitbku kabah kiblatku nabi muhamad nabiku aku yakin 100% silam tidak akan lepas dari hati dan hidupku akan aku pertaruhkan darh dan yawaku demi islam yang ada di dadaku dan di jiwaku sobat muslim semuga pintu sora terbuka buat kita amin

  24. beni Says:

    Asslamaualaikum. saya masih ingin tahun perihal tentang ya’jud & ma’jud karena itu masih suatu hal yang misteri dimana dan siapakah dia sebenarnya. mohon untuk direspon. syukran

  25. marlet Says:

    dajal kan keluar kalo kiamat dah dekat. dan bentuknya seperti apa jg nggak ada yg taulah.. apalagi rupa mukanya. mgkn dajal hanya sebutan untuk orang2 yang sudah banyak menjerumuskan manusia ke jalan yg salah, dengan cara merubah hal yg benar jadi salah. itu kali ya.. hehehe.. nggk usah takut, kiamat masih jauh!! selama masih ada orng yang menyebut kata allah maka tewnanglah kiamat mash jauh dimata.

  26. hiruma the devil Says:

    ya-ha drdrdrdrdrdrdrrrrrdrdrdrdrdr

  27. ndok feb Says:

    Aslkm,mas q mo tny neh!
    Apakah tnda2 kiamat tuh jumlah cowok lbih sdkit drpda jumlah cewek?? “Women > Men “

  28. rigradio Says:

    Betul tuh…

  29. bank Says:

    masa sih…jadi takut ngapa2in…tidur aja ah..biar ga bikin dosa…jangan nakut2in orang donk coy…

  30. Joeanda Kiyoshi Al-Bachry Says:

    Assalamualikum wr,wb

    Terlalu banyak kemunafik’an yg udah di buat manusia…
    Aku hnya berharap kepada Allah…semoga Kita selaku Orang muslim mampu mnyadari kesalahan diri..dan mau saling ingat mengingatkan Dlam Kebenaran di jalan Allah SWT…Aaaamiiin

  31. YUSOV Says:

    TU SEMUA ADALAH MISTERY,HANYA ALLAH YANG TAU SEMUA.ALLAH HU AKBAR.

  32. putri Says:

    bisa besarin hurufnya


  33. pasrah dan ikhlas berserah diri kepada-Nya,
    hanya itulah tonggak kehidupan yg abadi,tetap menjalankan apa yang diperintahkan-Nya serta mnjauhi larangan-Nya,,

  34. tsc akbar.k Says:

    Allahu Akbar…
    . merugilah kita jikalau kita yg terjerumus ke dalam neraka…
    .Mari kita tambah Mendekatkan diri kepada Allah SWT…


  35. moga-moga itu ndak terjadi

  36. angga sapta garna Says:

    semua adalah rahasia allah……tak ada seseorgpun yg tau kapan terjadinya hari kiamat………marilah kita bertaubat sejak dini…….karena hari kiamat akan terjadi kapan saja bukan hanya pada tahun 2012……

  37. what is hcg Says:

    Undeniably believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on
    the web the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get annoyed while people consider
    worries that they just don’t know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people can take a signal. Will likely be back to get more. Thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: